Minggu, 16 Januari 2011

Posting Pertama :)

Hallo blog mania! Ini postingan pertama gue lho eheheh jadi maaf ya kalo agak jayus.

kali ini gue akan bahas tentang.............. yak si motor langka nan eksotis apalagi kalo bukan Cs1.


Seperti Bro-Bro semua udah tau, motor ini menyandang mesin 125cc 5 speed LC. Beberapa partsnya pun masuh menggunakan kode KGH. KGH sendiri adalah kode dari mesin Honda Nova Sonic yang dulu pernah booming disini. Tapi ini motor tidak langsung plek serta merta sama mesinnya. Cukup banyak perbedaan antara dapur pacu Cs1 dan Sonic. seperti pada Klep yang bermaterial lain, piston sonic lebih jenong agar bisa mengejar kompresi tinggi (kompresi sonic 11,1:dan Cs1 10,7:1) tapi ternyata AHM mengerti keadaan habitat Cs1 di Indonesia. Kualitas bensin yang kurang baik menjadi pertimbangan AHM untuk menurunkan kompresi motor ini meskipun kompresinya masih cukup tinggi dibandingakan rekan-rekan lainnya yang biasanya memiliki kompresi dibawah 10,0:1. mesin motor ataupun motor ini sungguh memiliki bakat terpendam yang bagi gue perlu di asah hingga timbul performa atau penampilan terbaiknya. Berikut adalah beberapa tips dari gue buat memunculkan bakat terpendam motor ini.

1. Koil
koil motor ini sangatlah paspasan. banyak para cysers ngeluh motor suka mati pas ujan atau cuaca sedang dingin maupun lembab. untuk yang ber dana pas pasan pula :p bisa memilih pake blue thunder, ktc, protec dsb. Koil level menengah bisa menggunakan koil tancep R9 atau mau koil special engine seperti YZ125 atau YZ250, bisa jua pake suzuki RM. kalau yang punya dana lebih bisa pake koil shindengen yang harganya masih bertengger diatas 2jt! saran gue sih pake koil YZ juga udah sangat mumpuni. efek dari ganti koil biasanya percikan api jadi makin gede, bensin makin irit dan tenaga nambah! Atau mau yang murah? tambahin aja 9power di kabel busi. Murah kok gasampe 50rb tapi hasil juga lumayan mempantu.

2. CDI
CDI atau Capacity Discharge Ignition merupakan otak dari pengapian motor. Cs1 mengusung tipe CDI DC. CDI mempunyai banyak tipe ada unlimiter, dual band, adjustable atau apapunlah itu. Saran gue ganti CDI lo pake BRT aja, bukan cuman nambah tenaga, Tapi juga namah irit motor ente bro! Ada juga CDI merk lain seperti Varro, Shindengen, REXTOR dll. tapi dari beberapa test majalah yang paling jago naikin tenaga sama ngediskon konsumsi BBM ya BRT. *bukan promosi lho*

3. Knalpot
Knalpot Cs1 sangat menyumbat sekaleeee...... soalnya dia pak katalitik konventer yang mampu menekan emisi gas buang. tapi asal ente ente pada gak pake premium, Cs1 tetep kok ramah lingkungan :). Gue sangat TIDAK MENYARANKAN untuk MEMBOBOK knalpot! emang sih itu cara murmer buat naikin tenaga. tapi gak lucu juga kan kita tiba tiba dikejar kejar orang satu kelurahan gara gara suara knalpot kita yang ngeganggu itu. Mending daripada tanggung tanggung gitu, pake aja deh knalpot racing. untuk klasifikasi harganya kita mulai dari yg paling bawah. Untuk kelas bawah bisa pake AHRS F4 paling direkomendasikan untuk nambah tenaga, ada altenatif lain kayak Takachi dan ZOX untung yang lobang dua. Gue sendiri pake takachi udah cukup puas sama kenaikan tenaganya. lumayan sih bisa nambah irit bensin juga. Gue juga tadinya gak percaya tapi beneran lho! Kelas menengah rekomendasi gue pake R9 atau Two brothers. ada altenatif lain kayak HMF, CMS atau CLD, rentang harganya dari 750rb-1jt. Kelas atas. wew.... kali ini gue menyarankan DBS deh. knalpot ini punya banyak tipe. rentang harga dari 1,5jt-2,2jt ada juga Yoshimura terakhir kali gue liat punya sonic harganya 2,5jt. cuman banyak palsu disini. kalo mau beli yaa langsung aja importy sendiri dari negara asalnya.

4. OLI
udah pake motor kenceng, Ganti CDI unlimiter knalot racing, tapi oli pake yang kentel? jebol bisa tuh mesin. mesin motor ini berkarakter siap balap. jadi jangan sampe salah oli yaaa... Oli  bisa pake yang SAE nya 10W-40, saran gue pake TOTAL deh, harga per liternya per 16/01/11 66rb, atau ada alternatif lain yaitu shell, fastron, dll. kalo ente pada seneng ngebut, pake oli encer terus cari yg fully syntetic. SAE nya 5W-40 aja jangan yang 5W-30. 5W-30 itu terlampau encer. biasanya Oli oli ini punya rentang harga 100rb keatas. saran? pke TOTAL juga! enak bro total itu! harganya per 16/01/11 135rb per liter. ada alternatif lain yaitu Shell, Mobil1, dan MOTUL. Banyak orang berfikiran bahwa oli encer itu mahal! memang betul oli encer itu mahal, tapi apa yg anda bayar itu sangat berpengaruh pada performa dan daya tahan mesin.

5. REM
Motor gue entah kenapa rem depannya nyelonong banget! kampasnya coba ganti pake punya Karisma atau Tiger deh. lumayaan ngebantu sih. Masih kurang? coba gantipake yang lebih gede deh, bisa pake merk Ride it, PSM, Daytona, DBS atau apapun deh. Kurang lagi? ganti master remnya pake aftermarket! kurang lagi?? ganti kaliper depannya pake 4piston! pake merk brembo, KTC, AHRS atau merk lainnya. Msih kurang juga??? Gue nyerah deh -_- ahaha buat belakang cukup ganti kampas remnya pake punya suzuki Rider Thailand deh. Harganya 50rb aja kok. jangan lupa kuras minyak sem setahun sekali ya! gue saranin sekalian pake yg lebih tajem deh kayak Shell atau Total. jangan lupa pake yg DOT3 aja.

 6. Karburator.
Pusing nyari main jet? Sama -_- hampir gila gue nyari main jet(MJ) nya bentuknya aneh! cara paling gampang yaitu mesen di AHASS dan rojok sendiri di tukang karbu! ada alternatif cari di bengkel motor CBU soalnay model MJ Cs1 sama kaya punya CBR150 sama Sonic selesai masalah MJ, kita ke pilot jet(PJ). Pj mah gampang! modelnya sama kayak punya karisma kok! kalo udah ganti kayak yang gue sebutin diatas, coba naikin 1-2 step PJ dan 1 step MJ Biar mesin nga keausan bensin dan bunya dar der dor pas lepas gas. gak puas pake karbu standart? ganti pake karbu sejuta mekanik yaitu karbu NSR. Instalasinya? silahkan hubungi bengkel racing terdekat deh hehe gue bingung jelasinnya. harganya? rentang 300rb-800rb ada buatan Indonesia sampe Thailand. hati hati ketipu yaaa... masalah Karbu PE28 ini akan gue bahas di posting selanjutnya :)

Segini dulu tips dari gue. Semoga bermanfaat ya friends :) SALAM CYSERS!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar